Menulis Paragraf Melalui Metode Inkuiri dengan Menggunakan Media Audio

MENULIS PARAGRAF MELALUI METODE INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO

 Paragraph Writing Through Inquiry Method Using Media Audio

Abdul Azis

JBSI FBS Universitas Negeri Makassar

Jalan Dg. Tata Raya FBS UNM, Makassar, Sulawesi Selatan 90222

Pos-el: azissa17@yahoo.co.id

 (diterima 19 Februari 2014, disetujui 3 Juni 2014, revisi terakhir 1 Juli 2014)

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatan keterampilan siswa dalam menulis paragraf melalui metode inkuiri dengan menggunakan media audio pada siswa kelas X1 SMA DDI Alliritengae, Kabupaten Maros. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, wawancara, dan unjuk kerja. Pemaparan data proses dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif, sedangkan pemaparan data hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode inkuiri dengan menggunakan media audio dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf siswa kelas X1 SMA DDI Alliritengae, Kabupaten Maros pada tahap pelaksanaan dan tahap penilaian. Hasil analisis penilaian siswa menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 74,86 dengan persentase tingkat penguasaan berada dalam kategori cukup (66—75), pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 86,33 dengan persentase tingkat penguasaan berada dalam kategori baik sekali (86—95). Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah mengalami peningkatan sebanyak 11,47 dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode inkuiri dengan menggunakan media audio dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf siswa kelas X1 SMA DDI Alliritengae, Kabupaten Maros.

Kata kunci: paragraf, metode inkuiri, media audio

 

Abstract

This study aims to strive to increase students’ skills in writing paragraphs through the inquiry method using audio media in class X1SMA DDI Alliritengae Maros. This research is classified into Classroom Action Research (CAR). Data collection techniques used were observation, interviews, and performance. Exposure process data were analyzed with descriptive qualitative techniques, while the exposure of the data were analyzed with descriptive quantitative techniques. The results showed that the method of inquiry by using the audio media to enhance the student’s ability to write paragraphs high school class X1 DDI Alliritengae Maros on the implementation phase and the assessment phase. The results of student assessment analysis showed that in the first cycle the average value of 74.86 with the percentage of students at mastery levels are within the category of pretty (66—75), the second cycle of the average value of 86.33 with the percentage of students achieving mastery levels are in excellent category (86—95). This suggests that the second cycle has increased by 11.47 of cycle I. Based on the results of the study concluded that the application of the method of inquiry by using the audio media to enhance the student’s ability to write paragraphs high school class X1 DDI Alliritengae Maros.

Keywords: paragraphs, methods inkuiri, audio media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *