STRUKTUR DAN KETERBACAAN KALIMAT PADA BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Sentence Structure and Readability in Indonesian Textbook
Maria Christa Istiana Kamagi
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia
Kampus Baru UI Depok, Jawa Barat
Pos-el:mariachrista.kamagi@yahoo.com
(diterima 11Maret 2014, disetujui 8 April 2014, revisi terakhir 3 Juni 2014)
Abstrak
Kajian ini membahas struktur kalimat dan keterbacaan pada buku teks pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis kepustakaan.Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan kalimat tunggal perluasan subjek, predikat, objek, dan pelengkap, kalimat tunggal perluasan keterangan, kalimat majemuk setara, kalimat majemuk bertingkat, kalimat majemuk bersusun, dan kalimat taklengkap. Selain menjelaskan struktur kalimat yang ada, penelitian ini juga mencoba menganalisis keterbacaan dilihat dari jumlah kata yang digunakan dalam kalimat tersebut. Hasil yang didapat adalah terdapat beberapa kalimat yang masih masuk kategori kalimat sulit dan sangat sulit dipahami.
Kata kunci: struktur kalimat, keterbacaan, buku teks, pelajaran bahasa Indonesia
Abstract
This study discussed about the structure of sentence and readability of Indonesia’s textbooks. This study used qualitative methods, while the data collecting used bibliography analysis. Based on research, it found expansion of subject, predicate,object, and complement on single sentence, the adverb expansion on single sentence, the equivalent compound sentence, the hig-rise compound sentence, the compiling compound sentence, and the incomplete sentence. Beside that, this study also analyzed the readability which was seen from the number of words that use in the sentence. As a result, there are some sentences that can be categorized into difficult sentence and thorny sentence to be comprehended.
Key words: structure of sentence, readability, textbook, Indonesian lesson
thanks pak