Bahasa Indonesia dalam Informasi dan Iklan di Ruang Publik Kota Pangkalpinang

BAHASA INDONESIA DALAM INFORMASI DAN IKLAN DI RUANG PUBLIK KOTA PANGKALPINANG
Indonesian in Information and Advertising in Public Space Pangkalpinang

Umar Solikhan
Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung
Ruko Permata No. 7, Jalan Solikhin G.P. Km 4, Pangkalpinang
pos-el: kumarsanders@yahoo.co.id

(diterima 4 September 2013, disetujui 30 September 2013, revisi terakhir 27 November 2013)

Abstrak
Pemakaian bahasa Indonesia, khususnya dalam informasi dan iklan, di tempat umum di wilayah Pangkalpinang belum menggambarkan pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kesalahan pemakaian paling banyak terjadi pada bidang ejaan, disusul kesalahan-kesalahan lain seperti pada bentuk dan pilihan kata, kalimat, dan penggunaan bahasa asing dan bahasa daerah yang tidak mengikuti aturan. Penyebab kesalahan itu sendiri adalah sikap terhadap bahasa Indonesia masih belum memenuhi harapan. Padahal, sebagai bangsa yang berbudaya dan menjunjung persatuan bangsa Indonesia, sikap positif terhadap bahasa Indonesia senantiasa harus dijaga.
Kata kunci: informasi, ruang publik, kesalahan berbahasa, sikap

Abstract
Indonesian usage, particularly in the information and advertising, in public places in the region Pangkalpinang have not described the good and correct use of Indonesian yet. Usage errors occur most commonly in the areas of spelling, followed by other errors such as the shape and choice of words, sentences, and the use of foreign languages and regional languages that do not follow the rules. The cause of the error itself is the attitude of the Indonesian still has not met expectations. In fact, as a civilized nation and uphold the national unity of Indonesia, a positive attitude towards Indonesian should always be maintained.
Keywords: information, public space, speaking mistakes, attitudes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *