Bimtek Revitalisasi Bahasa Daerah untuk Pengajar Utama di Kota Pangkalpinang

Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Revitalisasi Bahasa Daerah untuk Pengajar Utama di Kota Pangkalpinang. Acara yang dilaksanakan di Hotel Cordela Pangkalpinang ini berlangsung dari Selasa hingga Jumat, 11–14 Juni 2024. Peserta kegiatan bimtek terdiri atas 60 guru SD dan SMP di Kota Pangkalpinang yang nantinya akan menjadi pengajar utama.

Kegiatan bimtek pengajar utama ini merupakan bagian dari rangkaian Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) Tahun 2024, setelah sebelumnya dilaksanakan Rapat Koordinasi RBD dan DKT Penyusunan Modul RBD bersama para maestro. Pada bimtek kali ini, para maestro bertugas untuk mengajarkan materi RBD kepada para pengajar utama. Materi yang diajarkan meliputi pantun berbahasa daerah, cerpen berbahasa daerah, dongeng berbahasa daerah, pidato berbahasa daerah, komedi tunggal berbahasa daerah, dan tembang tradisional berbahasa daerah (daek).

Tujuan dari pelatihan ini adalah agar pengajar utama mampu mengimbaskan pengetahuan mengenai RBD kepada siswa-siswanya di sekolah masing-masing. Selain itu, pengajar utama juga diharapkan dapat mengikutsertakan siswa-siswanya dalam Festival Tunas Bahasa Ibu yang akan digelar oleh Kantor Bahasa Babel dalam beberapa waktu mendatang. Muhammad Irsan S.S., M.Hum., selaku Kepala Kantor Bahasa Babel berharap agar kegiatan ini dapat menjadi penguatan bagi para peserta dalam melestarikan bahasa daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya di Pulau Bangka.

Pembukaan bimtek dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Erwandy, S.E., M.M. Pada kesempatan ini, Erwandy mengucapkan terima kasih atas kolaborasi yang selalu terjalin antara Kantor Bahasa Babel dan Pemkot Pangkalpinang.

“Alhamdulillah kita sudah difasilitasi oleh Kantor Bahasa Babel untuk mengikuti kegiatan bimtek ini. Mohon kepada Bapak/Ibu untuk ikut mengirimkan siswanya dalam Festival Tunas Bahasa Ibu supaya ada tindak lanjut dan implementasi dari kegiatan ini,” imbau Erwandy.

Semoga bimtek pengajar utama ini dapat memotivasi para guru untuk mengimbaskan kegiatan Revitalisasi Bahasa Daerah secara luas, baik kepada rekan sesama guru maupun kepada siswa di sekolah masing-masing. *Maharani Sherina Munaf (Tim Humas KB Babel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *