Uji Coba Instrumen UKBI di Kota Pangkalpinang

Telah dilaksanakan kegiatan Uji Coba Instrumen UKBI Adaptif Merdeka Tahun 2023 di kota Pangkalpinang pada Selasa–Rabu, tanggal 2–3 Agustus 2023. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini bertempat di SMAN 4 Pangkalpinang. Pada kesempatan ini, ada 20 peserta uji mengikuti uji coba dari berbagai kalangan dan profesi, seperti pelajar, mahasiswa, guru, dosen, penulis, dan wartawan.
Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari SMAN 4 Pangkalpinang. Kepala SMAN 4 Pangkalpinang, Siti Rofiqoh, S.Pd., didampingi oleh Waka Kurikulum, dan Koordinator KKLP UKBI Kantor Bahasa Babel hadir membuka kegiatan secara langsung. Siti mengatakan bahwa SMAN 4 Pangkalpinang akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Kantor Bahasa Babel, terutama kegiatan yang bermanfaat bagi siswa dan guru.

“Kami akan memfasilitasi kegiatan ini dengan semaksimal mungkin hingga kegiatan ini tuntas. Mudah-mudahan fasilitas tersebut dapat menjadi salah satu indikator ketercapaian kegiatan ini.” Kata Siti.

Koordinator KKLP UKBI Kantor Bahasa Babel, Dewi Septi Kurniawati, S.Kom., mengatakan bahwa uji instrumen UKBI kali ini merupakan pelaksanaan uji coba di tahun ketiga. Kegiatan ini bertujuan untuk memvalidasi empiris terhadap soal-soal UKBI yang telah disusun dan dibakukan dalam sidang pembakuan tahun 2023 serta melakukan uji coba soal kepada responden dengan berbagai karakteristik peserta uji. Hasil uji coba ini selanjutnya akan dianalisis dalam sidang validasi butir soal UKBI. Setelah tervalidasi, soal-soal itu akan dimasukkan ke dalam bank soal UKBI dan diujikan secara massal dalam sistem UKBI Adaptif Merdeka.

“Dengan kata lain, hasil uji coba ini menentukan ketersediaan bank soal UKBI. Selain itu, peran peserta uji coba soal UKBI pada kegiatan ini sangat penting dan bermakna bagi pengembangan dan penyempurnaan soal UKBI.” Tambah Dewi.

Tak lupa Dewi menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak SMAN 4 Pangkalpinang yang telah mendukung dan memfasilitasi kegiatan ini hingga selesai. Peserta uji coba instrumen UKBI ini akan mendapatkan 4 baterai soal, yakni 2 baterai soal di hari pertama yang mencakup 4 seksi soal (seksi mendengarkan, seksi merespons kaidah, seksi membaca, dan seksi menulis) dan 2 baterai soal di hari kedua yang mencakup 3 seksi soal hingga seksi membaca. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung dengan tertib dan lancar. *Maharani Sherina Munaf (Tim Humas KB Babel)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: