Bimtek Penyusunan Bahan Ajar Pendamping BIPA Berkonteks Lokal bagi Guru dan Pegiat BIPA Bangka Belitung

Pada Selasa–Kamis, 20–22 Juni 2023, Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Bimbingan Teknis Penyusunan Bahan Ajar Pendamping BIPA Berkonteks Lokal bagi Guru dan Pegiat BIPA Bangka Belitung di Hotel Fox Harris Pangkalpinang. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 23 orang yang berasal dari beberapa perguruan tinggi dan instansi yang kerap berhubungan dengan WNA atau pekerja asing. Bimbingan teknis ini merupakan kegiatan tindak lanjut dari pembentukan Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Bangka Belitung sebagai perwujudan salah satu program Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, yakni Internasionalisasi Bahasa Indonesia.
Kegiatan Bimtek dibuka oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Muhammad Irsan, S.S., M.Hum.. Dalam kesempatan ini, Beliau menyatakan dukungan kepada APPBIPA Bangka Belitung untuk menggeliatkan dan memajukan layanan BIPA di Bangka Belitung.
“Bangka Belitung merupakan wilayah dengan pariwisata yang indah serta kaya akan sumber daya alam. Hal ini menjadikan Bangka Belitung sebagai salah satu destinasi menarik, baik bagi wisatawan asing maupun pekerja asing. Dengan berbagai potensi tersebut, sudah selayaknya Bangka Belitung memiliki layanan ke-BIPA-an yang unggul dan maju.”

“Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan bahan ajar berkonteks lokal yang dapat merepresentasikan segala potensi yang dimiliki oleh Bangka Belitung”, tambah Irsan.

Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini, yakni Hj. Enny Hidajati, S.S., M.M., dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Bina Darma Palembang, Hanny Luvytasari, S.S., S.I.P., M.A., pengajar BIPA di INCULS UGM, serta Muhammad Irsan, S.S., M.Hum., dari Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pada hari pertama, peserta mendapatkan materi mengenai Kebijakan BIPA, Pengembangan Silabus Bahan Ajar BIPA, dan Praktik Penyusunan Silabus Bahan Ajar BIPA. Dilanjutkan pada hari kedua, materi yang diberikan narasumber yaitu Muatan Nilai-Nilai Lokal dalam Bahan Ajar BIPA, Pengembangan Teks dalam Bahan Ajar BIPA, Jenis-Jenis Teks, dan Praktik Menulis Teks. Hari terakhir, peserta mempelajari Penggunaan Bahasa dalam Teks Bahan Ajar BIPA, Pengembangan Aktivitas dan Latihan dalam Bahan Ajar BIPA, kemudian ditutup dengan materi Ptaktik Penyusunan Bahan Ajar BIPA Berkonteks Lokal Bangka Belitung. Kegiatan Bimtek diikuti dengan antusias oleh para peserta, sehingga suasana belajar terasa menyenangkan dan berkesan. *Maharani Sherina Munaf (Tim Humas KB Babel)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: