Capaian Kinerja Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022

Sepanjang tahun 2022, Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai UPT Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah merealisasikan berbagai program kerja dan kegiatan berkaitan dengan pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Realisasi program-program tersebut tentu tidak lepas dari kerja keras tiap Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) dan seluruh pegawai Kantor Bahasa Babel. Perlu diketahui, bahwa Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki 7 Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP), yakni Literasi, Perkamusan dan Peristilahan, Pembinaan Bahasa dan Hukum, Pelindungan dan Pemodernan Bahasa dan Sastra, Penerjemahan, UKBI, dan BIPA. Masing-masing KKLP tersebut memiliki fungsi dan tugas pokok yang mendukung capaian program kerja yang telah dirancang sebelumnya.
Adapun capaian kinerja Kantor Bahasa Provinsi kepulauan Bangka Belitung di tahun 2022 di antaranya, yaitu dua produk pengembangan bahasa dan sastra yang meliputi 250 usulan kosakata KBBI dari bahasa Melayu Belitung dan Kamus Bergambar Istilah Kuliner Belitung, serta tiga produk penerjemahan yang terdiri dari tiga cerita anak dwibahasa berjudul Serumpun, Masih Ada Nganggung, dan Kisahku si Dayang Bangka. Capaian selanjutnya adalah pembinaan terhadap 45 lembaga dari segi penggunaan bahasa yang meliputi 20 lembaga pendidikan, 15 lembaga pemerintah, dan 10 lembaga swasta, serta 1.230 penutur bahasa terbina melalui beberapa kegiatan dengan rincian sebanyak 520 peserta kegiatan Peningkatan Kemahiran, Bengkel Sastra, dan Lomba Musikalisasi dan Baca Puisi, 300 peserta kegiatan Diseminasi UKBI Adaptif Merdeka, dan 410 peserta kegiatan Pemilihan Duta Bahasa dan Kemah Literasi. Capaian lainnya yaitu sebanyak 29 partisipan pelindungan bahasa dan sastra melalui kegiatan Pelatihan Revitalisasi Sastra Lisan Dul Mulok Belitung, 20 komunitas penggerak literasi terbina yang meliputi 4 Taman Bacaan Masyarakat (TBM), 3 perpustakaan, 2 rumah baca, dan 11 komunitas literasi, sebanyak 35 pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) yang bekerja sama dengan Fatoni University Thailand, serta capaian nilai SAKIP A dengan nilai 88,00.

Sepanjang tahun ini, Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga memfasilitasi dan mendukung pelaksanaan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia Adaptif Merdeka bagi 4.316 peuji yang terdiri atas siswa SMP/MTs, siswa SMA/SMK/MA, mahasiswa, guru, kepala sekolah, dosen, pimpinan lembaga, ASN, penerjemah, peneliti, dan umum/profesional lainnya.


Semua capaian dan keberhasilan program kerja Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan hasil kerja sama dan dukungan semua pihak, baik internal maupun eksternal. Ke depannya, Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan terus berbenah, berkomitmen, dan berinovasi untuk memberikan pelayanan yang maksimal tekait kebahasaan dan kesastraan kepada masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Semoga segala capaian dan keberhasilan bisa ditingkatkan kembali di tahun depan. Kantor Bahasa Babel, HEBAT! *Maharani Sherin Munaf (Tim Humas KB Babel)

You May Also Like

%d blogger menyukai ini: