Anjangsana Kelembagaan BIPA dan UKBI Adaptif Merdeka di Unmuh Babel

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, didampingi Koodinator KKLP BIPA dan KKLP UKBI Kantor Bahasa Babel, mengunjungi Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung pada Kamis, 15 Desember 2022. Kunjungan tersebut merupakan anjangsana terkait dengan koordinasi kelembagaan BIPA dan pemberian apresiasi kepada Universitas Muhammadiyah sebagai salah satu perguruan tinggi pegiat UKBI di Bangka Belitung. Kedatangan Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beserta tim disambut dengan hangat oleh Wakil Rektor I dan staf.
Sebagai UPT Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang memiliki tugas dan fungsi dalam pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kantor Bahasa memiliki tiga program prioritas, yaitu literasi, revitalisasi bahasa dan sastra daerah, dan internasionalisasi bahasa Indonesia. Literasi diwujudkan salah satunya melalui, sedangkan internasionalisasi bahasa Indonesia diwujudkan dalam pengembangan program BIPA.
Sehubungan dengan itu, Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjalin kemitraan dengan Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung sebagai salah satu perguruan tinggi yang berkomitmen untuk mengembangkan program BIPA dan mendukung penyelenggaraan UKBI bagi mahasiswanya.
Dalam kunjungan tersebut, kedua pihak membahas kerja sama program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dalam bentuk penguatan dalam peningkatan kompetensi tenaga pengajar dan bahan pembelajarannya. Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Babel, Dr. Pratiwi Amelia, M.Pd.BI., menyatakan bahwa ke depannya Unmuh Babel berkomitmen untuk tetap bekerja sama dengan Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka bagi para mahasiswanya. Beliau berharap, dengan pelaksanaan UKBI tersebut, mahasiswa Unmuh dapat mengukur dan meningkatkan kemahiran berbahasa Indonesia mereka sehingga menjadikan mereka unggul dalam berbahasa Indonesia dan turut andil dalam upaya pemartabatan bahasa Indonesia.
Selanjutnya, Kepala Kantor Bahasa menyerahkan piagam penghargaan kepada pihak Universitas Muhammadiyah sebagai perguruan tinggi pegiat UKBI di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan piagam penghargaan kepada mahasiswa peraih predikat unggul. Kunjungan diakhiri dengan foto bersama antara pihak Kantor Bahasa Babel dan Universitas Muhammadiyah Babel. *Maharani Sherin Munaf (Tim Humas KB Babel)

You May Also Like

%d blogger menyukai ini: