Pelajar SMP/SMA/SMK Menyemarakkan Bulan Bahasa dan Sastra Melalui UKBI

Dalam rangka menyemarakkan Bulan Bahasa dan Sastra, Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta beberapa sekolah di Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka menggelar UKBI Adaptif Merdeka. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 1.558 orang siswa dari berbagai sekolah, yaitu SMK Bakti Pangkalpinang (499 siswa), SMAN 1 Puding Besar (352 siswa), SMPN 9 Pangkalpinang (100 siswa), SMKN 1 Mendo Barat (174 siswa), SMKN 1 Sungailiat (305 siswa), dan SMAN 2 Pangkalpinang (128 siswa). Rangkaian pelaksanaan UKBI yang berlangsung sejak tanggal 3–20 Oktober 2022 ini dilakukan secara daring di sekolah masing-masing.
Proses pelaksanaan UKBI berjalan cukup tertib dan lancar. Pelaksanaan ujian berlangsung kurang lebih 120 menit. Bentuk soal yang diujikan dibagi dalam tiga seksi, yaitu Seksi I (Mendengarkan), Seksi II (Merespons Kaidah), dan Seksi III (Membaca). Hasil yang diperoleh peserta pun bervariasi dan cukup baik. Beberapa peserta bahkan mendapatkan predikat sangat unggul. Pada pengujian kali ini, Yohanes Ivan Liawvardo dari SMKN 1 Sungailiat meraih skor tertinggi dengan skor 710 (Sangat Unggul).
Selain dalam rangka memperingati Bulan Bahasa dan sastra, kegiatan UKBI ini diharapkan dapat menjadi motivasi peserta agar lebih meningkatkan kemampuan kebahasaan dan literasi mereka. Ke depannya, kegiatan UKBI juga diarahkan untuk menjadi agenda rutin dalam mengukur kemahiran berbahasa siswa. Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung senantiasa memberi dukungan kepada sekolah-sekolah yang berkomitmen untuk mengembangkan literasi siswanya, salah satunya melalui pelaksanaan UKBI di sekolah mereka. SMA/SMK/MA dan SMP/MTs yang berminat untuk melaksankan pengujian UKBI Adaptif Merdeka dapat menghubungi Tim UKBI Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung melalui pos-el: ukbi.kbbabel@kemdikbud.go.id atau nomor whatsapp 081381164802. *Maharani Sherina Munaf (Tim Humas KB Babel)

You May Also Like

%d blogger menyukai ini: