Siswa SMK Negeri 1 Sungailiat Mengikuti Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka

Sebanyak 305 siswa kelas XII SMK Negeri 1 Sungailiat mengikuti kegiatan Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka pada Selasa, 11 Oktober 2022. Kedatangan Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Tim UKBI Kantor Bahasa Babel disambut hangat oleh Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, dan beberapa guru dari SMKN 1 Sungailiat. Kegiatan yang diadakan di Aula SMKN 1 Sungailiat ini berlangsung dengan tertib dan komunikatif.
Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Muhammad Irsan, S.S., M.Hum., dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan UKBI Adaptif Merdeka merupakan salah satu wujud dari program literasi, yang termasuk dalam tiga program prioritas Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Pelaksanaan UKBI menjadi sangat penting sebab dapat menjadi tolok ukur kemampuan siswa dalam berbahasa Indonesia dan keberhasilan guru dalam mengajar. Selain itu, menurut Beliau, pelaksanaan UKBI juga dapat membantu siswa dalam mengerjakan soal-soal UTBK karena siswa sudah terbiasa dalam menghadapi soal-soal terutama yang berbentuk wacana. Sebagai nilai tambah, peserta yang telah mengikuti UKBI Adaptif Merdeka akan mendapatkan sertifikat resmi dari Badan Bahasa yang nantinya sertifikat tersebut dapat digunakan sebagai sertifikat pendamping kelulusan siswa. Beliau juga berharap agar hasil UKBI yang dicapai siswa SMKN 1 Sungailiat minimal dapat mencapai tingkat madya. Waka Kurikulum mewakili Kepala SMKN 1 Sungailiat, mengungkapkan dukungannya terhadap pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka di SMKN 1 Sungailiat. Beliau berharap agar siswa dapat mengikuti UKBI dengan sebaik-baiknya agar hasil yang didapat juga maksimal sesuai dengan tingkatan yang diharapkan oleh Kepala Kantor Bahasa.
Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi oleh Tim UKBI Adaptif Merdeka Kantor Bahasa Babel mengenai pemahaman UKBI, tata cara masuk akun pada laman UKBI, dan tata cara ujian UKBI. Selain itu, tim juga mengajak dua orang siswa untuk mengikuti simulasi ujian UKBI yang direspons antusias oleh siswa. Terakhir, tim memberikan cendera mata kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dengan tepat terkait UKBI.

You May Also Like

%d blogger menyukai ini: