APPBIPA Cabang Kepulauan Bangka Belitung Resmi Dilantik

Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan kegiatan Sarasehan dan Pelantikan APPBIPA (Afiliasi Pegiat dan Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) cabang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Rabu, 31 Agustus 2022. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Cordela Pangkalpinang ini merupakan realisasi salah satu dari tiga program prioritas Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yaitu internasionalisasi bahasa Indonesia yang diwujudkan dalam bentuk serangkaian kegiatan di antaranya Bimtek Metodologi Pengajaran BIPA, Pembentukan APPBIPA Babel, Sarasehan, dan Pelantikan Pengurus APPBIPA Babel.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Muhammad Irsan, S.S., M.Hum., membuka kegiatan secara langsung. Dalam sambutannya, Beliau mengatakan bahwa pergerakan dan pertumbuhan BIPA Babel terjadi berkat kerja sama dari pelbagai pihak untuk mendukung internasionalisasi bahasa Indonesia, terutama dari Pustanda dan APPBIPA Pusat yang telah mempercepat proses pengembangan BIPA di Babel. Saat ini, Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sedang memfasilitasi pengurus APPBIPA Babel untuk melaksanakan pembelajaran BIPA bagi mahasiswa asing dari Universitas Fatoni, Thailand. Beliau menambahkan, semangat pengajar dan pemelajar dalam proses pembelajaran tersebut menunjukkan bahwa geliat BIPA di Babel akan berjalan dengan sukses.

Kegiatan dimulai dengan pelantikan pengurus APPBIPA Babel Periode Tahun 2022—2026. Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., selaku Ketua APPBIPA Pusat, dalam sambutannya mengungkapkan harapan agar APP BIPA Babel dapat menggeliatkan BIPA di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Beliau juga berharap komunikasi antarpengurus tetap terjaga agar program kerja dapat berjalan lancar. Beliau selanjutnya melantik 25 orang pengurus APPBIPA Babel yang berasal dari berbagai perguruan tinggi dan instansi. Kepengurusan ini dibagi dalam tujuh bidang, di antaranya Bidang Pendidikan dan Profesi, Bidang Penelitian dan Pengembangan, Bidang Standarisasi Mutu, Bidang Publikasi dan Penerbitan, Bidang Usaha dan Kreativitas, Bidang Kerja Sama Lembaga, dan Bidang Keanggotaan. Ketua APPBIPA Babel, Dodi Sugiarto, M.Pd., menyampaikan bahwa APPBIPA Babel akan mencoba mengembangkan program BIPA di Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung. Selain itu, Ia berharap agar pengurus dan anggota APPBIPA Babel tetap kompak dan saling bersinergi serta membangun relasi eksternal.

Kegiatan dilanjutkan dengan sarasehan bersama Ketua APPBIPA Pusat. Kegiatan ini dilaksanakan untuk berbagi informasi serta ilmu mengenai BIPA dan juga merupakan penguatan pengurus APPBIPA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain itu, diadakan juga diskusi mengenai lembaga APPBIPA dan BIPA secara keseluruhan. Terakhir, pengurus APP BIPA Babel mengadakan rapat program kerja untuk merancang program dan kegiatan yang dapat mereka lakukan dalam periode kerja tahun 2022—2026. (Maharani Sherina Munaf/Tim Humas KB Babel)

You May Also Like

%d blogger menyukai ini: