Kantor Bahasa Ajak Lembaga dan Perguruan Tinggi untuk Kerja Sama

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung didampingi staf melakukan audiensi ke beberapa lembaga dan perguruan tinggi dalam rangka penjajakan kerja sama pada Senin, 5 September 2022. Beberapa lembaga dan perguruan tinggi yang menerima kunjungan tersebut adalah Pemerintah Kabupaten Bangka, LPP RRI Sungailiat, Stisipol Pahlawan 12, dan ISB Atma Luhur. Kunjungan pertama dilakukan dengan mengunjungi Stisipol Pahlawan 12. Pada kunjungan tersebut, pihak Kantor Bahasa bertemu dengan Wakil Rektor II dan Ketua Yayasan. Secara pribadi, Ketua Yayasan menyetujui adanya kerja sama antara Kantor Bahasa dengan Stisipol Pahlawan 12. Beliau mengungkapkan akan berkoordinasi dengan Rektor terkait peninjauan terhadap draf kerja sama yang telah diserahkan oleh Kantor Bahasa. Kunjungan selanjutnya, pihak Kantor Bahasa mendatangi Pemerintah Kabupaten Bangka untuk menemui Bapak Rusmansyah selaku Kabid Administrasi Pemerintahan. Selain membahas penawaran kerja sama, kesempatan ini juga dimanfaatkan Beliau untuk membahas hasil rekomendasi penamaan desa di Kabupaten Bangka. Beliau berharap, Kantor Bahasa dapat memberikan pendampingan kepada Pemerintah Kabupaten Bangka dalam hal penamaan desa di Kabupaten Bangka.

Selanjutnya, pihak Kantor Bahasa meneruskan kunjungan ketiga ke LPP RRI Sungailiat. Di sana, pihak Kantor Bahasa disambut oleh Bapak Agung Prasatya selaku pejabat lama LPP RRI dan bertemu dengan pejabat baru LPP RRI Sungailiat, Bapak Iwan Effendi. Sebagai Kepala LPP RRI yang baru, Bapak Iwan Effendi mengungkapkan akan meneruskan program kerja Kepala LPP RRI sebelumnya, termasuk rencana kerja sama dengan Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pada kunjungan terakhir, pihak Kantor Bahasa menyambangi ISB Atma Luhur yang langsung disambut hangat oleh Wakil Rektor I, Wakil Rektor III, dan staf. Pihak Atma Luhur menyatakan ketertarikan untuk bekerja sama dengan Kantor Bahasa. Kunjungan ini juga membahas program apa saja yang dapat ditawarkan atau dikerjakan bersama oleh kedua pihak termasuk pengoptimalan fungsi laboratorium bahasa di kampus Atma Luhur.

Secara keseluruhan, keempat lembaga menerima kunjungan dari pihak Kantor Bahasa dengan baik. Draf kerja sama yang telah diberikan kepada lembaga-lembaga tersebut akan dikaji terlebih dahulu untuk kemudian disepakati bersama sebelum proses penandatanganan kerja sama dilakukan. Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Muhammad Irsan, S.S., M.Hum., berharap agar kerja sama dengan lembaga dapat terlaksana agar tugas dan fungsi pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat berjalan dengan optimal. Selain itu, perjanjian kerja sama dengan perguruan tinggi dapat dijadikan sebagai dasar hukum bagi percepatan implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Mendikbudristek untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan, keahlian, dan kompetensi sebagai bekal dalam memasuki dunia kerja. (Maharani Sherina Munaf/Tim Humas KB Babel)

You May Also Like

%d blogger menyukai ini: