Kantor Bahasa Gelar Uji Coba Soal UKBI

Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan kegiatan Uji Coba Soal UKBI Adaptif Merdeka pada Senin–Selasa, 15–16 Agustus 2022 bertempat di Lab Komputer SMAN 4 Pangkalpinang. Kegiatan ini diikuti oleh 10 peserta yang terdiri atas guru, dosen, penulis, wartawan, mahasiswa, serta siswa. Setiap peserta uji mendapatkan 4 paket soal yang diujikan selama 2 hari kegiatan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melakukan validasi empiris terhadap soal-soal UKBI yang telah disusun dan dibakukan pada sidang pembakuan tahun 2022 serta melakukan uji coba soal kepada responden dengan berbagai karakteristik peserta uji.


“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai mahasiswa pascasarjana yang diwajibkan untuk mengikuti UKBI sebagai syarat kelulusan. Dengan mengikuti kegiatan ini saya menjadi mengerti seperti apa UKBI itu.”, ujar Dena Silvia, peserta uji dari profesi guru yang sedang menempuh pendidikan pascasarjana.

Peran peserta uji pada kegiatan ini sangat berguna bagi pengembangan dan penyempurnaan soal UKBI sehingga dapat menambah paket soal yang bisa digunakan dalam pengujian UKBI Adaptif Merdeka.

You May Also Like

%d blogger menyukai ini: