Kantor Bahasa Babel Menjalin Jejaring Kemitraan BIPA dengan Fatoni University Thailand

Saat ini, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, sedang gencar melakukan program pengajaran bahasa Indonesia ke luar negeri. Banyak lembaga di luar negeri yang sudah bekerja sama dengan Badan Pengembagan dan Pembinaan Bahasa untuk mengadakan kelas-kelas pengajaran bahasa Indonesia. Selain berorientasi pada pengajaran bahasa Indonesia, lebih luas program BIPA mampu diberdayakan menjadi alat diplomasi. Alat diplomasi yang dapat difungsikan pemerintah untuk memperkuat kedudukan bangsa Indonesia di dunia.  Melalui program BIPA, negara lain dapat dengan mudah mengenal Indonesia dan memungkinkan terbukanya akses untuk menjalin kerja sama bilateral atau multilateral. BIPA juga mengemban misi untuk mengenalkan wawasan kebudayaan Indonesia yang adiwarna.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa juga sudah memiliki BIPA Daring. BIPA Daring (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dalam Jaringan) merupakan jenama portal fasilitasi program BIPA yang dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sejak 2018. Pengembangan portal BIPA Daring menerapkan prinsip gotong royong, yaitu penyediaan layanan yang melibatkan partisipasi berbagai pihak. Portal BIPA Daring dikembangkan sebagai wujud peran koordinasi dan fasilitasi Badan Bahasa dalam penyediaan akses bagi penerima manfaat dan pemangku kepentingan program BIPA terhadap layanan ke-BIPA-an dari berbagai sumber. Pelayanan dalam Portal BIPA daring dapat diakses melalui lima modul aplikasi, yaitu (1) Belajar BIPA sebagai saluran layanan berbagi bahan pembelajaran BIPA, (2) Jaga BIPA sebagai saluran layanan berbagi informasi lembaga penyelenggara program BIPA, (3) Bakti BIPA sebagai saluran berbagi informasi tentang kiprah dan karya pemerhati BIPA, (4) Tebar BIPA sebagai saluran layanan informasi dan penyelenggaraan pembelajaran daring BIPA, serta (5) Tera BIPA sebagai saluran layanan informasi dan penyelenggaraan tes pembelajaran daring BIPA.

Perkembangan BIPA di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pada Jumat, 1 Juli 2022, Muhammad Irsan, S.S., M.Hum. (Kepala Kantor Bahasa Bangka Belitung) didampingi Pradipta Putra Prathama, S.S. (anggota Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional BIPA) melakukan koordinasi dengan pihak Fatoni University, Thailand, terkait langkah konkret Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam internasionalisasi bahasa Indonesia. Pertemuan daring tersebut dilakukan melalui ruang Zoom dengan pihak Fatoni University yang diwakili oleh Wakil Dekan Bagian Kemahasiswaan, Fakultas Ilmu Budaya dan Sosial, Asst. Prof. Mahamdaree Waeno, S.E., M.Si. dan Sekretaris Konsentrasi Bahasa Indonesia, Islahuddin, S.S., M.A. Dalam pertemuan tersebut disepakati rencana pembelajaran bahasa Indonesia bagi mahasiswa Fatoni University yang difasilitasi oleh Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pihak Fatoni University menyambut baik rencana tersebut dan berharap pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia bagi mahasiswa mereka berjalan dengan baik dan sukses dan bisa dilaksanakan secara berkelanjutan. Menurut mereka, minat mahasiswa Thailand, khususnya Fatoni University, untuk belajar bahasa Indonesia sangat tinggi.

You May Also Like

%d blogger menyukai ini: