Komitmen Instansi-Instansi di Bangka Tengah dalam Mengutamakan Bahasa Negara

Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan peninjauan kembali pengutamaan bahasa Indonesia pada lembaga-lembaga di Kabupaten Bangka Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 9—12 Agustus 2022. Tujuannya ialah mengukur nilai persentasi peningkatan yang sudah dilakukan oleh lembaga-lembaga tersebut terkait pengutamaan bahasa Indonesia sesuai rekomendasi yang telah diberikan.

Sebelumnya, Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung telah melakukan Sosialisasi Hasil Pemantauan Penggunaan Bahasa Negara pada Lembaga di Kabupaten Bangka Tengah pada Selasa, 24 Mei 2022. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Soll Marina dan diikuti oleh 15 lembaga yang telah dipantau penggunaan bahasa negaranya melalui penilaian 7 objek informasi di ruang publik.

Hasil pemantauan kembali menunjukkan bahwa ada beberapa lembaga yang sudah memperbaiki penggunaan bahasa, baik di ruang publik maupun tata naskah dinas. Ada juga beberapa lembaga yang baru merencanakan perbaikan tersebut karena terkendala biaya. Untuk lembaga yang terkendala tersebut, pemantauan difokuskan pada objek yang perbaikannya tidak memerlukan biaya, seperti tata naskah dinas dan alat informasi lainnya.

Hasil pemantauan ini nantinya akan digunakan untuk pemberian apresiasi kepada lembaga-lembaga yang berkomitmen untuk mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia. Pemberian apresiasi tersebut akan dilakukan pada bulan September mendatang. Harapannya, lembaga-lembaga yang didampingi akan lebih termotivasi dalam upaya pengutamaan bahasa negara.

You May Also Like

%d blogger menyukai ini: